Kamis, 07 November 2013

Test Lanjutan Nestle

Bismillahirahmanirahim.

Di siang yang terik kemarin, aku berjalan kaki menuju gedung 40A d samping Bmdi. Pagi tdi baru saja mendapatkan telfon confirmasi dari pihak nestle untuk memgikuti tes lanjutan (tahap 2) pukul 4 sore nanti. 30 menit sebelumnya aku datang ke tempat itu.

"Assalamualaikum"kata pak satpam. "Mau tes lanjutan?" Lanjutnya sambil membukakan pintu pagar.
"Wa'alaikum salam. Iya pak" jawabku sambil senyum. Bapak satpam yang baik hati menuntun kemeja tamu untuk mengisi daftar tamu dan memberikan kalung visitor. Setelah itu ia lalu mengantar ke ruang tunggu.

Di ruang tunggu, tak kulihat siapa2. Pak satpam lalu memberiku lembar data yang wajib di isi. Aku pun mengambilnya dan duduk d salah satu kursi yang kosong. Setelah duduk baru aku melihat seorang wanita juga duduk dan mengisi form yg sama. Aku baru ingat kalau tidak bawa pulpen. Kucoba meraba2 dan membongkar sana sini dalam tas namun tak kutemukan. "Hmmm.. punya pulpen tidak?" Aku membuka percakapan dengan senyum.
"Cuman satu"jawabnya sambil membalas dengan senyum :)

Yah... berarti harus tunggu mba resepsionis nihhh. Pak satpam juga sudah berlalu pergi. Tak lama kemudian mba reseptionis muncul. Alhamdulillah... "mbak bisa pinjam pulpennya?"
"Oh iya,bolehhh" iya pun lalu berdiri dan memberikan pulpennya kepadaku secara langsung. Aku pun juga berdiri menyambutnya dan menerima pulpen tersebut. Hmmm.. sungguh budaya yang sopan. Suka dehhh sama sikap si mbak berbaju hijau. Terakhir ketemu berbaju merahhh.

Selanjutnya aku mengisi lembar data. Beberapa data diri harus di isi. Awalnya aku hanya mengisi tanpa membaca perintah. Ternyata ohhhh ternyata.. semua pengisiannya salah dan ada juga yang slah isi. Di situ tertulis use CAPITAL WORD. Sedangkan aku sudah jauh menulis dan menggunakan huruf kecil semua. Astagfirullahhh...

"Mbak kertasnya bisa diganti?"
"Boleh.." sambil menyulurkan lembar jawaban yanh baru dan memberikannya kepadaku dengan senyuman.
"Makasih"
"Iya sama2" sambil tersenyum lagi :) aku pun membalas dengan senyuman.

Sambil asyik menulis, datang lagi 2 orang cewek. Satu orang saya kenal bernama nursyam. Aku bertemu dengannya ketika ada program ulc scholarship. Dan ia sangat interest dengan AIESEC. Ia sangat tertarik dengan program magang yang di tawarkan oleh AIESEC.
"Hallooo" sapanya smbil senyum
"Hayyyy" aku melambaikan tangan.
Kami pun bercakap cakap dan aku tetap melanjutkan mengisi kertas data diri yang belum juga selesai. Terkadang bingung mau menuliskan apa
Tapi yaaa tuliskan saja apa yang di inginkan. "Mbak sekalian, silahkan ke belakang ke ruang tes. Tes akan segera di mulai" mbak resepsionis mempersilahkan dan mengantar keluar dari ruang tunggu. Aku orang terakhir yang keluar dan ia mengucapkan "semangat tesnya mbak"lagi lagi dengan melemparkan senyum manis. "Iya mbak makasih" aku membalasnya pula dengan senyum.

Sekarang ada 4 kandidat pesaing dan tes yang akan dilakukan adalah fgd (forum/focus group discussion). Jadi disini kita di beri contoh kasusk yang harus d tuliakan 3 masalah pokok suatu perusahaann. Setelah itu harus memberikan alasan dan solusi dr masalah tersebut. Sebelum tes FGD dimulai, panitia seleksi terlebih dahulu memberikan arahan dan aturan tentang fgd ini.

Jadi dalam FGD semua posisi adalah sama. Kita harus bekerja bersama sebagai team dan juga harus memberikan kesimpulan dari hasil diskusi tentang 3 masalah pokok tadi, solusinya, dan paling akhir adalah menuliskan di flipchart dr keputusan diskusi selama 35menit. Panitia mempersilahkan 1 menit pertama untuk masing2 individu untuk menyimpulkan pendapat masing2. Selanjutnya setelah 10 menit diskusi dimulai.

"Okay siapa dluan"mbak dyah yg berjilbab abu2 dan berbaju loreng hitamputih ber rok hitam berinisiative sebagai note taker dan mempersilahkan orang lain untuk bicara.
Diskusipun mulai berjalan, seiring waktu trtdapat beberapa perbedaan pendapat. Aku mulai agak risih dengan note taker yg selalu mendominasi. Bikin malas ngomong. Dan ternyata kondisi itu memang selalu ada di setiap group akan ada orang yang mendominasi keadaan. Yang bikin sebel sebenarnya bukan hanya karena dia mendominasi forum namun cara menyampaikan pendapat sangat2 memojokkan dan membuat tidak enak hati.

Tapi what everlah. Jalani ajaa dengan senyuman. Hahahhaa. Allah kok yang menentukan hasil akhir walau pada hakikatnya kita harus berusaha dulu. "Waktu tinggal 10 menit" kata panitia.
Hmmm.. diskusi masih terus berlanjut dengan senangnyaa (hangatnya). Hingga di peroleh kesimpulan yang di sepakati bersama. Dan finish "waktu habis" panitia kembali menginfokan. Kami pun mengakhiri percakapan dan diskusi.

"Okay waktu habis, jadi sebenarnya kalian lupa bahwa tujuan akhir kalian adalah menuliskan di flipchart. Tapi tidak apa apa lah. Waktu sudah habis" kami baru sadar akan hal itu. Tapi yaa sudahlahhhh... kelompok kami tidak mencapai hasil akhir.

"Silahkan menunggu di luar. Kami akan memanggil kalian 1 1" kata panitia.
"Makasih pak, bu" ucapku.
Alhamdulillahhhh selesai juga. Waktu seakan berlalu lebih cepat.

Satu per satu kami dipanggil. Dimulai dari urutan yang pertama datang hingga paling akhir. Aku di urutan ke dua. Sambil menunggu kami bertiga pun mencoba saling mengenal satu sama lain. Tak lama nursyam melangkahkan kaki menuju ke mading yang ada di dinding. Aku pun mengikuti lalu melihat2 mading dan bercakap cakap tentang mading tersebut.

Sekitar 40 menit menunggu kini tiba giliranku. "Assalamualaikum" aku memasuki pintu ruangan tes. Aku langsung di persilahkan duduk di kursi panah #eh salah. Kursi biru maksudnya. Dan pimpinan dari jakarta langsung memperkenalkan diri dan aku menjabat tangan beliau sambil menyebutkan nama "herviana" ditambah dengan senyuman manis. Eh jangan salah paham yaaa. Ini bukan senyuman manis buat menggoda. Just for clarification pimpinannya cewek bro and sis.. so senyuman manis untuk orang yang lebih tua bukan senyuman gombalin cowok hahahhaa (ngomong sendiriii ...).
"Jadi herviana. Oh iya dipanggil apa?"
"Evhy"
"Coba ceritakan tadi kondusi fgd bgaimana."
"Oh jadi tadi agak kurang suka karena ad satu orang yg terlalu mendominasi. Jadinya membuat malas ngomong bla bla blaa.. panjang deh. Pokoknya intinyi yg mereka tanyain itu tentang yg tadi, terus posisi yg d apply, bisa di lapangan, planning klo nga d terima, dll.

Sementara aku ngejawabnya sometimes with senyum, ketawa, dan terlihat main2. Padahal pembawaannya sebenarnya nga kayak gituuu. Hanya saja terbawa suasana yg dari awal sudah sangat bersahabat dan itulah aku dikondisi itu. Feelingku mengatakan menyia2kan kesempatan selling my self di depan pimpinan. Padahal aku apply kerja.

Setelah lelah bertanya, merekapun mengakhiri pertanyaan. Waktu terasa singkat yaa. Saya pun keluar dan memanggil peserta berikutnya. While waiting something I talk with nursyam very much. Like we already closer friends in that time.

Sekarang pukul 6.30pm nursyampun masuk. Sedang aku masih menunggu d sofa depan asyk mengutak2 file dan application. So i'm waiting her until finish.
I don't know wjen ot finish, I just waiting her. 1 jam kemudia ia baru keluar dr ruangan tes. Dalam hati terbersit kok aku cuman sebentar. Tp nga boleh brtpikir negatif dan aneh2, just have positive thingking and feeling. So, harus bersyukur. Alhamdu...lillahhhhhh cepet yaa aku selesainya. Okay bsok kt bkar ikan d rumahnya qanizah atau icha atau pake dress buat template dll.

Okay, akhirnya selesai juga. Kami ber@uapun berjalan keluar menuju pagar kantor. Kami memberikan kalung visit kembali ke satpam. Sbelum sampai pagar nursyam memanggil abang becak. Tapi mungkin tidak terlihat dan tidak kedengaran. Jadinya...
"Jalan kaki yukk. Dekatji ambil pt2"
Okay kita berduapun jalan kaki di jam 7 malam lewat 15 menit. Sambil jalan nursyam tak hentinya memikirkan di kepoin sama pimpinan. Aku hanya sesekali menenangkan dan tertawa
Itu semua karena dia berkata saya trauma HRD. Hahahahah..

Okay, sebelum pulang kerumah aku ingin makan ice cream. Jadinya kami pun mampir di mcd mari dan membeli ice cream. Setelah habis aku stay sebentar buat chating2an seru sama update2 twitter. Lucu ngebales replay twit anak anak. (Teman2)

Okay, setelah itu menuju ke rumah. Dan ademmmmmm ayemmm kena AC sampai rumah setelah menempuh perjalanan bebebrapa meter. Capekkan hehehehhe. Waktunya siap2. Aku akan melakukan perjalanan selama 2 jam menuju barru.
Kami akan menghadiri pesta pernikahan besok seorang sepupu. Langsung saja memilih milah baju yg akan di bawa. Setelah jemputan datang berangkat lah kita.

Singkat cerita. Sekarang sekitar jam 1.30 alhamdulillah sampai dengan selamat di tempat tujuan. Lapar dan ngantuk menggerogoti tibuh setelah menempuh 2 jam perjalanan. Tantepun menyiapkan makanan. Menyantap nasi dan ayam dengan lahap ditambah coto dengan sangat nikmat. Selain makanannya enak juga karena faktor lapar. Alhamdulillah sekarang keeeenyaaaangggggg...

Okay, capek banget dan ngantuk walau masih sempat menulis cerita ini sebelum tidur. Pelajaran yang aku dapatkan dari story ini adalh perhatikan baik2 setiap detail apa yang diminta ketika mengisi sesuatu. Terlalu mendominasi dalam sebuah group akan membuat orang lain kehilangan kesempatan menunjukkan potensi diri. Semoga kalian juga bisa mengambil pelajaran dari kisah ini. Mungkin ada yang tersirat ataupun tersurat. Dan terima kasih sudah membacanyaa :)
Selamat tidurrrrrrr. Assaalamu alaikum.
Alhamdulillah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)