Kamis, 16 Juli 2015

Pilih mana? Galau or Action?

Saya tengah duduk di dalam sebuah gedung. Gedung itu adalah mesjid. Saya hanya dapat duduk di bagian luar. Maklum sebagai wanita setiap bulan akan kedatangan tamu. Kami pun tak boleh memasuki area ibadah dalam mesjid. Yah.. Begitulah wanita.

Tak ingin menyia-nyiakan waktu. Saya melanjutkan bacaan bukuku. Saya sangat suka sekali membacanya. Kali ini saya membaca buku berjudul "Man Shabara Zhafira". Sebenarnya kemarin-kemarin saya tak tahu artinya apa. Hanya saja buku ini bagus kala saya melihat testimoni-testimoni dari orang-orang yang membaca buku ini. Salah satunya ippo santosa. Penulisnya sudah menulis puluhan buku. Dan kini penulisnya masuk dalam daftar penulis favoriteku. Belakangan pun saya tahu artinya dari seorang teman. Arti dari judul buku ini adalah Orang sabar akan beruntung. (Semoga tak salah yahh artinya, jika salah mohon dikoreksi di bagian komentar)

Satu yang sangat menarik kali ini. Saya membaca paragraf tentang cara mengatasi hati yang sedang sedih. Saya sangat ingin menuliskannya. Penulisnya berkata jika ia sangat yakin. Dengan PD, saya juga sangat yakin dengan cara itu. Itu adalah cara effectif mengatasi rasa sedih. Saya sudah membuktikannya. Apakah itu? Penasaran? Ngga? Ya.. Udah... Eh, tapi saya tetap bakalan ngasih tahu.

So, cara effective untuk mengatasi hati yang sedang sedih adalah dengan mencari kesibukan apa saja yang membuat kita melupakan kegalauan ataupun kesedihan itu sendiri. Dengan menyibukkan diri dengan hoby atau kegiatan positif makan kita akan segera lupa dengan kesedihan kita. Kita pun bisa lebih produktif dalam hidup karena bisa jadi hobby atau kegiatan positif itu yang mengantarkan kita pada kebahagiaan.

Salah satu contohnya adalah menulis. Banyak kegiatan lain yang lebih positif tentunya. Namun, saya lebih suka menulis. Selain curhat, bisa menjadi teman meluapkan semua ide, semua dapat ditampung tanpa harus merasa bersalah. Bisa di share ataupun konsumsi pribadi. Menulis membuat otak dan tangan bekerja secara bersamaan. Oleh sebabnya, kita takkan punya waktu untuk berpikir dan melakukan hal lain yang tak bermanfaat.

Dulu saya pernah dilanda galau yang berkepanjangan. Lama diri ini menganggur dan tak ada kerjaan. Bosan rasanya di rumah. Apalagi jika membuka sosmed dan melihat aktifitas-aktifitas teman-teman. Ada yang lagi packing bersiap merantau, bersiap traveling. Ada yang lagi asyik tamsya atau liburan. Ada yang lagi asyik kuliah, atau lagi asyik berkumpul bersama teman-teman. Pikiran-pikiran negatif pun merasuki. Renungan-renungan tak berguna mulai merasuki. Namun, aku tersadar bahawa sesungguhnya banyak hal yang dapat dilakukan.

Yup! Saya pun memutuskan menulis. Terserah otak ini tengah memikirkan apa dan ingin menuliskan apa. Bahkan status teman pun dapat menjadi sebuah tulisan. Seorang comedian pernah mengatakan bahwa ketika kita galau otak kita lebih kreatif. Itulah yang saya rasakan. Jadi kegalauan itu diarahkan ke hal positif. Jika kita berkarya saat kita galau, biasanya karyanya akan lebih bagus. Sama halnya jika kita mendengar lagu, biasanya lagu yang indah itu tercipta ketika sang pencipta tengah galau. Makanya banyaklah tercipta lagu-lagu galau dan sedih yang cukup memikat liriknya.

So, teman-teman yang sedang dilanda kegundahan. Jadikan waktu luangmu menciptakan karya-karya. Jangan jadikan waktu luangmu terbuang percuma. Bisa jadi teman-teman kita yang tengah asyik bekerja sebenarnya mereka menginginkan waktu luangmu untuk mengerjakan hobby mereka. Namun apa daya, mereka tak punya waktu untuk itu. Jadi teman jangan pernah berkecil hati. Mumpung masih punya banyak waktu luang, gunakan untuk melakukan hobby yang engkau sukai atau menciptakan hobby dan kebiasaan baru yang positif. Daripada galau mendingan actionkan? Yang paling murah dan tak perlu merogoh isi dompet yaaa.. Nulis deh! Atau hafal Al-Qur'an lebih mantap tuh!

Selamat memanfaatkan waktu luang kawan!

Alhamdulillahirabbil'alamin ;)

Makassar, 15 Juli 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)