Senin, 17 Desember 2018

Blogger Part Time? Or Full time?

Bismillahirrahmanirrahim

Selama ini, aktifitas atau pekerjaan yang paling banyak menghabisakan waktu adalah menulis di blog. Meski saya tak terlalu suka pekerjaan yang terlalu banyak menyita waktu, entah mengapa jika berhadapan dengan blogging seperti mati rasa dan lupa waktu. Kadang kala menghabiskan waktu empat hingga enam jam untuk sebuah tulisan utamanya diawal-awal nge-blog.

Jadi apa sih yang membuat betah nge-blog?
Pertanyaan ini adalah hampir sama mengapa saya menulis blog? Ini yang paling sering ditanyakan oleh orang-orang di sekeliling saya. Mengapa saya menulis blog sudah dimuat di tulisan sebelumnya. Di sini saya cukup menambahkan sedikit penjelasan, mengapa hingga sekarang masih betah melakukan aktifitas ini?

Disamping alasan-alasan yang pernah diungkap sebelumnya, saya merasakan kebahagian tatkala sebuah tulisan mampu terselesaikan. Baik atau tidaknya, keren atau tidaknya adalah urusan belakang. Yang penting saya menulis sesuatu yang saya pikirkan terlebih dahulu. Tentunya sudah harus di set apakah hal tersebut cukup berfaedah dan bermanfaat untuk di share.

Jikalau pun kurang bermanfaat menurut kalian dan hanya menulisakan hal-hal receh seputar hidup kalian, periksa lagi apakah memang tulisan tersebut layak untuk jadi konsumsi publik. Jika tidak ya tidak usah di share, jadikan itu hanya konsumsi pribadi. Anggaplah ia sebagai buku harian yang tak perlu diketahui khalayak umum yang penting tulisan jadi dan kita bahagia.

Kegiatan ini juga membuat otak tidak beku. Hal ini dikerenakan dengan menulis tentu akan membuat otak bekerja untuk menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat yang berkembang menjadi paragraf-paragraf hingga akhirnya jadilah sebuah cerita utuh. Apalagi dalam menulis kadang kala kita harus memanggil memori terpendam yang membuat otak terus bekerja mencari informasi dalam sel-sel penyimpanannya.

Selain itu, menulis juga melatih otak untuk berkembang menciptakan ide-ide tulisan. Dengan begitu, lama kelamaan kita akan lebih terasah dalam memikirkan konten-konten menarik namun positif untuk dibagikan. Di sinilah kita akan menyadari betapa kegiatan ini membuat hidup terasa lebih produktif.

Sekarang pilhannya apakah ingin sekedar menjadi blogger part time yang update ketika ada waktu saja atau menjadi blogger full time yang memang secara intens membuat konten-konten menarik dan positif? Hmm.. Jika dipikir-pikir akhir-akhir ini saya cukup produktif membuat tulisan. Hari ini saja rencananya akan membuat delapan tulisan yang harus diupload dan dilaporkan untuk mengejar waktu ketinggalan dalam tantangan menulis 30 Hari dengan 30 topik dari Blogger Perempuan. So, belakangan ini berasa jadi blogger full time karena posting tulisan secara berkala.

Di sisi lain, sesunggunya yang terjadi adalah karena saya sedang kurang kerjaan. Memang memiliki banyak waktu luang plus sangat-sangat ingin menyelesaikan tantangan tadi sehingga jadilah menulis sebagai prioritas utama saat ini. Hitung-hitung jadi blogger produktif di akhir tahun.

Sekarang bisa disimpulkan bahwa sesungguhnya saya masih merupakan blogger part time yang mengupdate tulisan ketika memiliki waktu. Hehehehe … Diri ini masih benar-benar menikmati indahnya menjadi blogger part time yang tak perlu banget memikirkan konten-konten apa yang akan di share setiap harinya. Biar hidup tanpa beban dan tetap bebas berekspresi di blog. Tapi ingat, tetap harus membagikan hal-hal positif ya.

Tulisan ini diikutkan dalam #BPN30DayChallenge2018 #bloggerperempuan #Day22

Alhamdulillahirabbil`alamin

Makassar-Antang,

16 Desember 2018, 3:55PM!

22 komentar:

  1. Sama donk kalau gitu, saya mulai ngeblog itu pada bulan Januari 2018.Ternyata ngeblog itu asiek juga yah.. Sebenarnya dulu itu mulai berkarya di youtube tapi kalau ngak punya waktu di youtube yah beralih lagi di blog..

    By the way, tantangannya lumayan, 30 days for 30 topis,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak lumayan. Saya malah mau belajar juga untuk bikin video dan jadi youtuber, tapi setelah dipikir-pikir nge-blog lebih menyenangkan hingga saat ini

      Hapus
  2. Toss ki dulu Evhy!

    Saya juga menulis di blog agar hidup terasa produktif, rasanya bahagia saja kalau sudah berhasil menyelesaikan satu tulisan. Terus menulis ya biar kian bahagia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinnn.. Semoga bisa kayak bunda dawiah bisa terus menulis dan memperkaya tulisan dengan bacaan 😍

      Hapus
  3. Menjadi blogger part timer atau full timer sih menurutku nda jadi soal, yg penting menumbuhkan passion atau ketertarikan utk menulis.

    Menulis adalah kerja2 intelektual, eh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menulis mungkin kerja2 intelektual, tapi kalau saya menulis hore-hore kadang hanya untuk menghilangkan penat atau sekedar mengisi waktu luang namun memberikan efek yang cukup bermanfaat bagi diri sendiri, hopefully bisa bermanfaat buat orang lain juga 😊

      Hapus
  4. Buat tulisan memang memberikan keasikan sendiri apalagi pada saat kondisi fikiran lagi segar-segarnya. Namun adakalanya sudah setengah jam menatap layar namun tak mampu menuliskan satu kata pun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak adda. Betul sekali, saya bukan setengah jam kadang sampai berjam-jam menulis hanya satu baris hingga ditangguhkan sampai esok hari, esoknya lagi, dan esoknya lagi hingga akhirnya kelupaan 😅

      Hapus
  5. sekadar masukan saja kak, pada baris 1 paragraf 3 seharusnya 'tatkala' bukan 'tak kala'..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapp oppa, sudah diperbaiki. Terima kasih masukannya

      Hapus
  6. Saya juga ....menulis bisa membuat saya lupa waktu.
    Dan setuju, menulis, setelah mampu menyelesaikan sebuah tulisan itu rasanya bahagiaaaa deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Bahagia sekali, karena setelah berjam-jam lamanya atau bahkan memakan beberapa hari untuk mampu menyelesaikan sebuah tulisan

      Hapus
  7. Saya blogger full timer mi kayaknya, karena setiap hari ngeblog, walopun mengendap di draft 2-3 baru dipublish, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap sekali mams ery, mau sekali saya bisa menulis. Apa daya anaknya masih moodian 😅

      Hapus
  8. Sama nih kak Evhy, saya ngeblognya masih fase part time jg,
    disiplin menulis atau posting setiap hari di blog ternyata tidak semudah yg dipikirkan hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sungguh kak, tidak mudah! Sudah saya lalui dan ternyata saya tidak bisa setiap hari. Meskipun mengandalkan the power of kepepet membuat saya mampu menyelesaikan 2-5 tulisan pendek 300 kata atau lebih dalam waktu satu hari 😅

      Hapus
  9. Ada rasa puas saat selesai merampungkan tulisan. Entah rasa bahagia itu datangnya darimana. Dinikmati saja jadi blogger part timenya. Kalau saya, menulis itu tergantung mood saja. Banyak ide yang selalu mau dituliskan tapi selalu terhalang dengan kata fokus. Jadilah saya menjadi blogger drafter. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, masih bagus kak menjadi bloger drafter, paling tidak ada tulisan di draft yang suatu saat masih bisa diutak atik. Nah, saya biasa mau satu tulisan bisa selesai langsung, tapi kenyataannya kadang membutuhkan beberapa hari barulah tulisan draftnya jadi, apalagi kalau lagi malas cross check, jadilah tulisan langsung dipublish dan banyak typo bertebaran di mana-mana dalam tulisan tersebut 😅 duh, curhatka 😂

      Hapus
  10. Yes, sama kak, hehe. Kalau ditanya pilih part time blogger atau full time blogger, pilihan saya tetap jatuh ke part time blogger. Karena emang saya nggak bisa ngepost tiap hari. Selagi ada waktu luang saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes kak. Sama selagi waktu luang dan ketika mood lagi pengen nulis 😂

      Hapus
  11. Saya jugaa belum berani menyebut full time blogger, karena ya itu, masih sesuka hati mengupdate blog dengan topik yang beragam. Moody blogger hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, sama maki itu kak. Menulis tergantung mood kalau lagi pengen nulis, ya nulis. Kalau ngga ya tinggalkan 😅

      Hapus

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)