Jumat, 13 Juni 2014

Mengutak-atik Blog

Bismillahirahmanirahim
Malam ini terasa senang. Baru saja aku pulang dari tes kerja. Alhamdulillah, pas pulang, kakakku berkenan membelikan pulsa hp dan modem. Yeahh.. Jadi, aku bisa mengutak atik blog yang beberapa bulan ini tak terjamah karena kesibukan. Alhamdulillah, hari ini aku memindahkan beberapa tulisan. Aku memiliki beberapa blog yang dulu aku ciptakan untuk tujuan yang berbeda-beda. Namun, mengurusi satu saja kadang tak sempat. Jadinya, aku memutuskan untuk memindahkannya. Sekarang tinggal mengurusi 2 blog. Jika sempat,nantinya tinggal mengursi 1 blog saja. satu untuk semua. Slogan yang harusnya aku terapkan untuk pengurusan blog. satu saja cukup.
Karena keasykan mengutak-atik, aku sampai begadang. itupun rasanya masih ingin melanjutkan. tapi pikiranku sudah berkata, cukup. Waktu sudah menunjukkan pukul 3 pagi dan aku masih terjaga. oh, noooo.. harus segera tidur. Dengan segera aku mematikan laptop. lalu mengambil posisi tidur yang enak.
Aku mengutak-atik tata letaknya kembali, mengubah kategori, menambahkan gadget, mengurangi yang tidak perlu, dan mengubah sedikit kata-kata yang perlu di ubah. Tampilan temanya masih sama. Aku mengedit temanya sejak tahun 2012dan masih senang dengannya. Suka sekali.
untuk mengutak-atik tata letak blog caranya gampang sekali. Kamu tinggal masuk ke halaman pengaturan blog atau Dashboard. lalu pilih –> tata letak. Tunggu beberapa waktu, halaman pengaturan tata letak akan muncul. Setelah itu kamu bebas untuk mengatur letaknya dengan cara mendrag gadget yang kamu punya ketempat yang tersedia dan yang kamu inginkan sesuai dengan kolom tema yang ada. jadi tata letak dan tampilan sesuai dengan tema/template yang sudah kamu terapkan di blog kamu.
Untuk mengubah tema, caranya juga gampang kok. kamu bisa langsung menuju ke Dashboard –> template –> akan ada banyak tema gratis yang disediakan oleh Blogger. kemudian kamu tinggal memilih tema yang kamu suka. gampang kan?^^
Untuk menambahkan gadget, kamu bisa langsung mengklik “Tambah Gadget” atau “Add Gadget”. Selanjutnya akan muncul halaman baru berisi list gadget yang disediakan oleh blogger. Ada HTML/JAVA untuk menggunakan bahasa HTML untuk memunculkan teks, link, gambar, atau yang lainnya di gadget kamu. pokoknya macam-macam deh, cobain aja.
gadget yang aku tambahkan adalah resent comment, agar aku tahu komentar terbaru dari salah satu tulisanku. Kapan komentar dimuat dan tulisan mana yang di komentari. ini jadi memudahkanku untuk mereplay juga. walaupun setiap comment harus di moderate terlebih dahulu, tak apalah. Paling tidak ini mengigatkanku kepada para pembaca di blog ini.
oh iya, aku juga menambahkan page contact me, dan friendship link. Frienship link ini terinspirasi dari blog teman-temanku yang memasukkan link-link teman mereka. walau tak sebanyak yang mereka punya, aku juga ingin memiliki friendship link dan berharap akan terus bertambah dan bertambah. Amin. Selain itu, aku juga mengubah page “About me” menjadi “who belong this blog” dan mengubah isi didalamnya menjadi bahasa inggris. hehehe.. Pembaca, insya Allah akan mudah mengerti. kata-katanya singkat dan sederhana kok^^
keesokan harinya jadi terasa ngantuk. Aku tertidur lagi habis sholat shubuh. dan bangung siang. hehehe.. jangan di contoh yaa.. tidur awal itu lebih baik dari pada begadang. Tidur awal membuat tubuh sehat ketika bangun. Asal jangan over sleep yaa…
wassalam. Alhamdulillah^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)