Rabu, 30 November 2016

New Domain New Look & Hal Penting Dalam Nge-Blog

designed by ev

Alhamdulillahirabbil`alamin. 
Finally, setelah berbagai pertimbangan akhirnya saya pun mengganti nama domain dari xxxxx.blogspot.com menjadi xxxxx.com. Yeahhh... Lalu, apa saja yang berubah disini? dan apa saja keunggulan menggunakan top level domain .net/.com?

Sekedar info saya membeli domain ini ketika Hari Peringatan Pahlawan, yaitu 10 November 2016. Hal ini saya lakukan sebagai salah satu bentuk peringatan pahlawan dengan harapan saya dapat melanjutkan semangat perjuangan para Pahlawan melalui ngeblog. Saya dapat menginformasikan berbagai hal-hal yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Inilah salah satu alasan saya. Semoga semagat ini senantiasa tumbuh dan berkembang serta tak lekang oleh waktu. Aamiinn

Alasan lain adalah agar saya dapat selalu mengingat hari ulang tahun blog .com saya ini. Karena waktu adalah salah satu hal yang paling berperan dalam sejarah kehidupan manusia. Selain peringatan Pahlawan, Tanggal 10 November adalah hari Kebangkitan Blog ini. Aamiin. Ayoo berjuang dan bergerak bersama dengan menulis dan menebarkan hal-hal yang bermanfaat. Satu hal lagi adalah pada tanggal tersebut ada diskon "HERO" dengan hanya membayar Rp. 85.000,-  berlaku hingga 1 Tahun untuk domain .com menjadikan saya mantap untuk mengubah nama domain. (hehehe.. UUD - Ujung-ujungnya Diskon hahahaha || Mumpung murah BroSist) ditambah lagi pas perpanjangan lumayan murah juga hehehe..

Saatnya melihat apa saja yang baru dari blog ini.

1. Nama Domain

Untuk pemilihan domain, sebelumnya saya sudah bertanya ke beberapa teman sesama blogger tentang mengapa mereka lebih memilih .com (Baca: Dotcom) dibandingkan yang lainnya. Beberapa jawaban yang saya dapatkan adalah:
  • Karena .com lebih terkenal dan global 
  • Dengan .com dapat mengurangi kesalahan pembaca dalam mengetikkan nama domain kita
  • Karena saran teman
  • Ikut-ikutan
Alasan pertama dan kedua diatas menggerakkan hati saya dan kemudian mengganti nama domain yang tadinya evhykamaluddin.blogspot.com menjadi www.evhykamaluddin.com. Horeeeeeeeeee..... Makasih ya kakak-kakak kece. Semoga dengan pergantian ini bisa lebih bermanfaat lagi dan dapat banyak-banyak tawaran berbayar atau yang lainnya (eh..). Aamiinnn... tapi tetap harus bermanfaat.

Baca Juga : Mimpiku tentang Blog ini di Oh My Blog

Anyway, salah satu keunggulan menggunakan top level domain .net/.com adalah kita lebih berpeluang untuk menerima tawaran kerjasama dengan beberapa instansi yang membutuhkan jasa blogger untuk review atau membuat content placement (content titipan dari perusahaan atau sejenisnya) dimana kita akan memperoleh beberapa royalti. Royalti ini dapat berupa barang, uang, atau yang lainnya (lumayankan dapat rejeki tambahan). Saya pun sudah mendapatkan beberapa royalti, sedangkan teman-teman blogger saya di komunitas blogger angingmammiri.org, bloggerperempuan, Indonesia Hijab Blogger, Kumpulan Emak-emak Bluger, dan lainnya sudah banyak yang mendapatkan tawaran-tawaran dengan bayaran jutaan rupiah. Keunggulan lainnya adalah .com/.net menunjukkan identitas diri kita sebagai blogger, terlihat lebih keren, dan membuat diri kita lebih semangat untuk menulis :)

2. Tampilan

Bisa dibilang saya pecinta ungu, orange, dan hijau. Dulu saya menggunakan warna ungu untuk blogsaya dan menganggapnya "unyu-unyu" dan lucu. Saya sangat suka designnya karena saya merasa sangat sesuai dengan favorite dan karakter saya walau sedikit alay sih. Namun, seiring waktu ada sedikit perasaan yang kurang "ngeh" dalam hati mengenai tampilan ini. Oleh karenanya, perpindahan ini adalah ajang terbaik untuk memberikan sentuhan design yang lebih elegant dan lebih enak dipandang/dilihat oleh para pembaca dan bukan lagi oleh perspective saya yang suka "unyu-unyu". Karena yang terpenting adalah kenyamanan pembaca dalam melihat dan membaca blog kita.

[image%255B19%255D.png]
Tampilan Dulu
Tampilan Sekarang
Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam tampilan ini adalah:
  • Headernya, bisa disesuaikan dengan keinginan dan karakter masing-masing
  • Menu yang tersedia, karena menu ini akan menjadi satu acuan utama dalam blog kita nantinya walaupun sebenarnya bisa digantikan dengan kategori atau label pada blog
  • Font, usahakan pilih font yang readable dan enak dipandang. Font yang bisa digunakan adalah Google Web Font, seperti Lato, Raleway, Open Serif, Georgia, Arial, dan lain sebagainya.
  • Background (Latar Belakang) Postingan. Jangan sampai warna hurufnya sama dengan warna background postingannya. Bahaya.. soalnya tidak akan bisa terbaca.
  • Keteraturan penulisan. Usahakan jangan membuat tulisan seperti ini "HaL-hAl PeNTiNg DAlAm" atau menyingkat terlalu banyak kata utamanya yang tidak umum seperti ini "Hl-hl ptng dlm mlkkan". Teraturlah dalam menulis. (seperti akuh walau kadang-kadang masih typo wkkkkkkkkkk || dilempar makanan || nadah makanan)
3. Nama Blog

Sebenarnya nama blog saya masih sama yaitu My Story in Space Room. Namun untuk desain header saya mengganti nama blognya menjadi evhy kamaluddin dengan tagline LOVE . LIFE . SHARE . USEFUL . STORY . Saya sangat berharap ini akan memberikan branding tersendiri dan juga menjadikan saya sebagai orang yang penuh cinta dan kasih sayang dalam hidup dan berbagi apapun itu khususnya hal-hal yang bermanfaat yang menjadi ukiran serta jejak sejarah hidup.

Nah, nama blog ini juga akan menjadi salah-satu cerminan blog kita bahkan diri kita. Silahkan pilih sesuai keinginan dan design masing-masing yang penting masih eyecatching dan readable (gampang dibaca) biar tidak menyulitkan pembaca-pembaca kita tercinta.

4. Categori/label dan Content

Disini saya juga mulai memetakan kategori-kategori teratas yang akan menjadi fokus-fokus saya di blog ini. Kategori ini juga sebagai salah-satu informasi kepada pembaca tentang hal-hal apa saja yang biasanya kita tulis. Selain itu memungkinkan pembaca untuk memilah-milah hal-hal yang ingin mereka baca berdasarkan kategori tertentu. Sebenarnya blog saya campur-campur namun tetap memprioritaskan beberapa hal didalamnya. Sekarang saya lebih fokus untuk menulis tentang  My Story (seputar what happening in my life), Tips&Tutorial (blogging dll), Tech&lifestyle (makanan, teknologi, crafting, dan fashion), Report & Review (review product, web, tempat, dll serta event report), Traveling (seperti wisata kuliner dan jalan-jalan pastinya), dan Scholarship (seputar Beasiswa dan edukasi). Sementara dari setiap kategori perlu juga di perhatikan konten atau isi dari bacaan yang akan memberikan nilai tambah dari tulisan kita, seperti menambahkan gambar, video, atau yang lainnya.

5. Widget

Salah satu hal yang terpenting adalah widget yang ada di blog kita. Pilihlah sesuai kebutuhan terlalu rame juga kurang baik menurut saya. Widget yang penting ada versi saya adalah about me (tentang penulis/pemilik blog), pengikut (yang memfollow blog kita), blog archive (kumpulan tulisan berdasarkan tahun), dan page view (jumlah pengunjung blog kita). 

Salah satu tampilan widget dibagian bawah blog saya - widget instagram
Untuk widget yang saya gunakan di sini kabanyakan adalah widget berjenis HTML. Dengan widget berjenis ini saya dapat menambahkan logo dari komunitas, tampilan instagram dan facebook, link ke sosial media, dan Advertising space.

oh iya, jika kamu blogger pemula atau baru akan membuat blog ada baiknya kamu langsung mengganti domain menjadi xxxx Dotcom atau Dotnet sebagai cadangan jika Dotcom tidak available untuk nama domain kamu. Mengapa? Karena sekarang ada promo dari DotComForMe khusus untuk blogger. Yuhuuuuu... nah ada lagi nih yang tak kalah menarik. Selain promo ini, kamu juga bisa berkesempatan untuk memenangkan hadiah berikut:

By the way, selama priode lomba ini berlangsung kamu bisa mendapatkan harga special 100ribu rupiah untuk 1 tahun. Buat para blogger pemula di dotcomforme juga menyediakan tulisan yang informatif dan dapat membantu dalam menjadikan blog kita lebih profesional.

That is my New Domain New Look of my blog. Seperti yang pernah saya baca di salah satu tulisan teman bahwa menentukan karakter design yang pas untuk blog kita memang membutuhkan waktu, segala sesuatu melalui proses, namun kapan kita memulai menentukan seberapa besar keinginan kita untuk maju. Ayoo tetap ngeblog, tetap nulis, tetap sharing, dan mari menjadi orang yang bermanfaat dengan menulis. Jadikan Blogmu sebagai Jejak Hidupmu yang penuh makna. Mari mengangkat dunia blogging dengan #DotComForBlogging :)

Makassar-Barombong, 
30 November 2016

26 komentar:

  1. Selamat mas atas pindah domainnya. Pengen banget ngikut. Tapi masih bingung soal hosting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mas dika.. oh iya, untuk hosting masing pake platform blogger. Saya hanya menganti nama domain. Jadi seluruh penyimpanan file masih di blogger.com.

      Btw, mas.. saya ini perempuan.. hehehhe

      Hapus
  2. Congratulation kak evyyy ..
    Tampilan yg sekarang lebih profesional ya tampaknya ,, semoga mengalir terus rejekinya blog ini kak. Aamiin yg penting rajin posting hal bermanfaat. Keep blogging keep happy 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinnn.. makasih kak qiah.. doa yg sama untuk kita semua.. aamiinnn 😘

      Hapus
  3. Wahhh evy baru banget yaa ganti domain. Smoga rejekinya makin lancar yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinn.. makasih donya kak lia.. doanya juga untuk kita semua. Aamiinn

      Iya kak lia, masih baru..😊

      Hapus
  4. Selamat ya mbak, sudah pakai .com Lancar jaya, dan ttp semangaat yaa

    BalasHapus
  5. Wuih..pasti makin semangat nulisnya dengan domain baru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deh janganki bilang, kalau di rumah di depan laptopji kerjanyaa.. 😂😂😂

      Hapus
  6. Domain baru template baru. Kereeen..

    BalasHapus
  7. Kereeen. Yang sekarang lebih dewasa ki kesan blognya

    Selamat Evi, makin semangat pastinya ngeblognya kaan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak Niar
      betul sekalii kak.. Rajinka nulis ini :)
      Apalagi banyak list tulisan yang harus dihapbiskan.. hehehe

      Hapus
  8. Alhamdulillah,, selamat k Evy,, mudah2an selalu ditambahkan rezkinya agar bisa slalu menulis dan memberikan informasi bermanfaat..!"^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiinnn.. Makasih mam isma semoga kita semua bisa bermanfaat selalu. Aamiinn :)

      Hapus
  9. Kereen Evhy..ada kepuasan tersendiri di' kalo sudah TLD 🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak alfu ada kepuasan tersendiriii 😊😊😊 makasih sdh mampir ya kak :)

      Hapus
  10. Yeay, welcometo the club! Semoga makin rajin ya ngeblognya :)

    BalasHapus
  11. Saya sudah nge blog tp belum memulai untuk broadcast. Tema dan brnd yg disampaikan sudah ada, tp masih ada beberapa part yg perlu dibenahi sebelum fix di launch, walaupun blm pakai new host domain. Tp untuk saat ini sdh mulai sering blog walking sih biar bertahap eksis nya. Cuma share aja sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo.. Ayoo.. Segera di jadikan TLD biar tambah semangat dan bisa ikutan banyak-banyak lomba atau apapun yg mensyaratkan TLD biar lebih exist.. Mumpung ada promo dr dotcomforme :)

      Hapus
  12. keren evhy..jadi tertarik utk beli domain juga walaupun saya tidak produktif menulis (ya,,kali saja klo beli domain semangat menulisnya jadi bangkit kembali hihihi)
    terima kasih utk infonya, berguna sekali bagi newbie di dunia per-blog-an dan yang suka diskonan dan yang murah meriah apalagi yang gratis :D

    regards,
    aflh
    (temanmu yang suka diskonan/gratisan :D)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukk yukkk aflaha... 😉😉😉
      Mumpung lagi discount 😀😀😀

      Selain domain baru, salah satu hal yang paling membuat semangat kita menulis adalah dengan bergabung dan aktif di komunitas blogger khusunya di daerah masing2.. Di Makassar ada blogger Angingmammiri.org terus ada kelas khusus cewek-cewek namanya kelas MAM.. Yukk sini-sini gabung.. Banyak benefitnya juga lhooo :)

      Hapus
  13. Halo mbak evy, selamat buat domain blognya hehe. Semoga makin semangat nulis dan berkarya yaaa

    www.extraodiary.com

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)