Minggu, 09 Februari 2014

1000 Aku Malu: Learn to be Entrepreneur

Bismillah.

Tgl 24 jan 2014. Hari ini saya memulai bisnis bersama kakak2 tercinta. Aku baru saja melihat peluang yang bagus. Sebenarnya kakakku baru saja memulai dari pekan lalu namun tak punya banyak waktu untuk mengurusnya. Tiba2 tgl 24 aku tersadar ketika iya mengutak atik laptop dan bermain internet. Aku langsung tertarik ♥

Yup, langsung saja dengan semangat aku mendowload gambar2 dari sebuah website dan mengupload gambar tersebut tanpa pikir panjang. Setelah membuat group di line dan fanpage di facebook. Aku mennginvite teman2 untuk ikut bergabung di line walau sayang cuman bisa menginvite 99orang. Tapi alhamdulillah itu angka yg lumayan banyak :)

Satu persatu orang mulai join di dalam line group dan mulai bertanya setelah gambar di upload. Hatiku sungguh senang. Nama pertama group di line adalah My Cheap Online Shop. Yup, inilah bisnis yang aku mulai. Hanya dengan bermodalkan internet connection dan jaringan komunikasi (sosmed).

Ketika orang pertama mulai bertanya, "barang ini ada tidak?". Saya jadi bingung, dan harus menghubungi orang tersebut. Namun sungguh sangat bingung dan khawatir. Karena aku langsung saja membuka tanpa memastikan terlebih dahulu apakah online shop tempatku terpercaya atau tidak. Jadi was was.. "bagaimana ini?" Pikirku. Orang mulai bertanya dan aku harus bertanya kemana "apakah barang yang aku upload itu ada atau tidak?". Bbm contact belum di accept oleh sang pemilik online shop. Aduhh harus bagaimana ini? Kenapa aku tak memastikan terlebih dahulu? Masa baru buka langsung tutup? Karena ketika di check di facebook tentang online shop itu sedang bermasalah dan aku tak tahu dimanakah diriku harus mengambil barang yang sama sesuai di gambar.
Serentak aku bertanya ke kakakku "dirimu bilang kalau ini terpercaya, bagaimana sihh. Sy bertanya sudah ditanya belum sama orang bersangkutan, dirimu bilang katanya begitu" kesalnya diriku dibuatnya. Dan check per check ".. katanya begitu.." adalah hal yang tertulis di website.

Aduh bagaimana ini, apa yang haru! Saya katakan. Ketika ditanya2 pun tentang detail productnya aku pun tak tahu bagaimana. Aku tak tahu apa yang harus aku jawab. Aku pun menjawab seadanya dan berhati2 jangan sampai salah bilang. Dan aku menjawab sesuai bayanganku menggunakan low expectation. Hufffftttttt..

Akhirnya aku meminta peetanggung jawaban ke kakakku. Ia pun bencari ke banyak website dan fanpage, alhamdulillah kami menemukan barang yang sama. Namun maslahnya adalah harganya lebih mahal sedikit. Padahal online shop kami is cheap. Iya pun terus mencari dan mencari.

Sampai akhirnya keesokan harinya ia menemukan online shop yang murah dan barangnya sama. Ya, alhamdulillah itu murah dan kami bisa mengurangi harga sebelumnya menjadi lebih murah. Alhamdulillah. Akupun kembali bersemangat dan mendownload gambar2 yang barangnya sedang available. Alhamdulillah online shop ini terercaya dan sangat mudah menetahui apakah barang masih ada atau sudah habis. Alhamdulillah ya Allah ♥

Aku kembali gencar berpromosi sampai sibuk sekali. Dan aku membuat group bbm dan ternyata hanya bisa menginvite 30 orang. Tapi ya sudahlah at least bisa promote ke 30 orang.

Hari ketika kami menemukan website dengan barang yg harganya murah. Kami berpikir harus mencoba dlu dan melihat kain dan segala macam agar bisa dijelaskan. Karena kami ingin jujur dan apa adanya tnpa melebih-lebihkan barang yang kami jual. Agar expectasi orang2 juga tidak terlalu tinggi dan kekecewaan di redakan dengan kata-kata "ohh.. memang begini" jadi tidak ada kekecewaan di hati para pembeli.

Hari itu pun kami memesan 5 barang sebagai pesanan pertama. Ke esokan harinya kami harus mengtransfer. Kejadian lucu menimpa diriku. Tapi antara mau marah dan ketawa rasanya lucu sekali. Pagi harinya, dengan semangat.. jam 9 pagi aku keluar rumah untuk mentransfer uang pembelanjaan ku. Aku menuju ke bank mandiri dengan jalan kaki. Yahh, hitung2 jalan pagi. Hehehehe.

***

Okay, tadi aku berjalan kaki ke bank mandiri. Walau belum mandi tapi semangat itu membara..hehehhehe.. sesampainya di depan bank mandiri didepan pintu tertulis TUTUP.

Yahh.. mungkin aku terlalu pagi datang aku mencek jam dan masih jam 8 lewat. Ternyata jam laptop lebih cepat hehehe. Aku menunggu dan orang mulai masuk ke dalam walau itu bertuliskan tertutup. Dan aku pun berjalan untuk masuk. Satpam membuka pintu dan menanyakan kepada diriku mau apa? Aku serentak mengatakan mau transfer uang. Satpampun berkata "maaf sistem lagi offline. Bisa ke bank mandiri yang di daerah ahmad yani :)" dengan senyum.

Yahh. Tapi aku tak patah semangat. Aku mencari bank lain dan bisa mentransfer lewat situ. Dan aku menemukan bank bca terdekat. Akupu masuk dan satpam mengarahkan ke lantai dua untuk melakukan transaksi transfer. Aku pun menaiki tangga dengan semangat :)

Sesampainya di lantai 2, ada satpam lagi yang mengarahkan. Sekarang waktunya menulis. Aku menulis juga dengan semangat. Semangat memenuhi raga dan jiwaku hari ini. Transaksi pertama membentuk usahaku sendiri walau hanya distributor :)

But let's do it. Even will be failure later its ok. Because something to learn during the process to be success♡. Okay sekarang aku berada di antrian. Alhamdulillah antrian memiliki tempat diduduk walau mengantri di pembatas :)
Aku terus menunggu hingga giliranku tiba. Dengan semangat aku melanglah ke depan teller. Aku menyerahkan kertas transaksi yg sudah di isi dengan semangat pula tentunya ♥
Ketika memproses punyaku, teller memeriksa terlebih dahulu dan menambahkan apa yangkurang. Akupun menyerahkan uangnya kemudian dan ternyata kurang. Hah? Ada biaya tambahan transfer dan aku hanya membawa uang pas. Seketika aku membetu dan speachless. Aku bertanya" uangnya kurang mas?"aku melihat ke kertas "oh ada biaya tambahannya ya mas 5000. Hmmm" aku berdiri dan berpikir, mencoba mencari uang disaku kantongku. Tapi aku yakin tak ada. Dan benar itu tak ada. Aduhh bagaimana. Bukan masalah kurang atau bagaimananya, tapi jumlah kekurangannya. Uangnya cuman kurang seribu dan aku tak punya uang sama sekali. Ohhh ya Allah... betapa malunya diriku. Rasanya ingin ketawa terbahak2 melihat diriku saat itu.
"Oh mass, kalau begitu nanti ya mas."
Masnya"iyaa" dan aku meninggalkan teller dengan perasaan malu sekali dan menahan ketawa. Sungguh sangat lucu dan memalukan. Hahahahahahahhahhaha. Rasanya tak bisa berhenti tertawa mengingat kejadian itu. Aku pun duduk sebentar dan mengetik sms. Ku kirim sms ke kakakku untuk membawakan uang ke bank dan itu hanya kurang 1000.

Tak berapa lama aku pun meninggalkan bank dan tak pernah kembali. Kakakku berkata untuk meminta tolong ke kakakku yg lain untuk di transfer. Tau begitu kenapa saya harus capek2 ke bank berjalan kaki kena malu juga :(

Tapi yahh anggap saja ini pengalaman menarik dan memorable yang nga akan terlupakan dan sungguh hal yang menarik untuk dishare ketika aku success dikemudian hari♡
Semua orang akan mendengar kisah perjuanganku dan aku memulainya dengan asyik dan menyenangkan serta penuh semangat ♥

Aku pun melanjutkan segalanya hingga hari ini. Pelanggan pertama datang, kemudian ditambah pelanggan kedua dan seterusnya. 1 minggu berjalan pelangganku baru 5, tapi alhamdulillah. Hal ini harus sangat disyukuri. Bahwa dalam 1 minggu mendapatkan 5 pelanggan. Jika disyukuri berarti 2 minggu akan ada 10pelanggan dan jika disyukuri lagi maka dalam 1 bulan bisa ada 40pelanggan. Amin. Hal sekecil apapun dalam usaha apapun yang penting iti baik dan dilakukan dwngan jalan yang baik dan jujur maka insyaAllah akan berberkah. Amin. Dan sekecil apapun juga dan kita syukuri insyaAllah rejeki itu akan bertambah dan insyaAllah tambah diberkati dan dirahmati oleh Allah. Intinya memulai sekarang dan memulainya dengan niat dan cara yang baik dan bagus ♥

InsyaAllah lancar. Amin

Wassalam ♥

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)