Kamis, 05 Januari 2017

Blogging Memory 2016

Bismillahirrahmanirrahim

Design by ev
Tak terasa 2016 sudah berlalu. Banyak hal terjadi. Canda tawa suka duka dan ceria berbaur menjadi satu ingatan penuh makna. Ingatan-ingatan bahagia dalam kebersamaan sangat patut di kenang dalam sebuah potret yang akan meninggalkan sejarah hidup. Inilah ingatan tentang aktifitas blog saya di tahun 2016 lalu.


1. Ngobrol bareng Blogger - Sakuku BCA

Ini adalah event pertama yang saya ikuti setelah fakum beberapa saat dalam dunia perbloggeran. Saya sungguh senang mengikuti acara ini, selain membuat saya mengunjungi tempat nongkrong baru, saya juga bisa bertemu dan berkenalan dengan beberapa blogger lainnya. Event ini juga merupakan event blogging pertama yang menghasilkan tulisan dengan bayaran tertinggi hingga saat ini. Alhamdulillah.. Bisa dibilang ini salah satu titik balik keaktifan saya di dunia blog.

Ngobrol Bareng Blogger
2. Garda Medika - Octobreast

Alhamdulillah, saya mendaftar dan mendapatkan invitation untuk mengikuti acara ini. Disini kita mendapatkan ilmu tentang deteksi dini kanker payudara dan mendukung para penderita kanker tersebut. Selain itu, bahagianya bisa dapat nonton gratis plus meet up bareng duo Dhea (Dhea Seto dan Dhea Ananda) yang menjadi pemain di film pinky promise. Film ini menceritakan tentang perjuangan penderita kanker payudara untuk saling mendukung satu sama lain.

Foto bersama mba Dhea Seto di acara Octobreast
3. Netizen Makassar Ngobrol Bareng MPR-RI

Ketika melihat pengumuman tentang acara ini, saya langsung saja mendaftar. Alhamdulillah dapat pencerahan tentang nasionalisme dan pilar kebangsaan. Semoga semangat juang untuk NKRI senantiasa terjaga dalam diri melalui menulis :)

Ada sertifikatnya hehehe
4. Invited to Re-opening Peeple

Di acara ini pun saya mulai bertatap muka dengan beberapa bloger lainnya, selama ini komunikasi yang ada hanyalah lewat chat ataupun membaca blog mereka. Akhirnya saya pun mengenal lebih dekat sosok-sosok tersebut.

Tersenyum bersama di rumput Ala-ala 
5. Tudang Sipulung Komunitas Bloger Anging Mammiri

Setelah sekian lama masuk di group facebook komunitas ini namun tidak aktif dalam kegiatan apapun, akhirnya kegiatan ini menjadi kegiatan pertama yang saya ikuti sebagai anggota ataupun panitia  acara #10thn AM. Saya pun mulai mengenal lebih banyak teman bloger di sini. Tusip kali ini bertema "Vlog masa depan Blog?". Kesimpulan yang bisa saya ambil adalah bahwa vlog dan blog sangat bisa berjalan beriringan bersama karena keduanya dapat saling mendukung satu sama lain. Kedua hal tersebut memiliki masa depannya masing-masing.

Turut meramaikan Tusip AM
6. 10 tahun AM - Ngeblog hepi-hepi hore-hore

Selalu ceria dalam kebersamaan
Aktif di kegiatan ini membuat diri saya termotivasi untuk menulis bahkan lebih dekat dengan bloger-bloger yang ada di makassar. Saya juga mendapatkan banyak hadiah dari kegiatan ini. Namun hadiah yang paling utama adalah teman-teman yang senantiasa dalam kebersamaan dan memberi dukungan untuk terus aktif berkarya di blog. L.O.V.E it 😍😍

Terima kasih untuk sponsor-sponsor acara #10thn AM
7. Yeah.. TLD (Top Level Domain)

Akhirnya setelah berpikir lama, saya pun memutuskan untuk berpindah domain dari evhykamaluddin.blogspot.com kini di persingkat menjadi evhykamaluddin.com. senangnya diri ini :) Apalagi dengan domain ini banyak kesempatan terbuka lebar diluar sana. Oh iya, saya membeli domain ini ketika peringantan hari pahlawan. Harapan saya adalah blog ini dapat menjadi salah satu pahlawan sejarah yang bermanfaat untuk orang lain khususnya untuk anak cucu saya kelak. Aamiinn

Perubahan blog lama ke new domain

8. Penetapan Ikon Kuliner Kota Makassar

Salah satu acara dimana saya di undang adalah acara penetapan Ikon Kuliner Kota Makassar. Sebenarnya acara kali ini berupa sosialisasi tentang kuliner-kuliner yang sudah di tetapkan beberapa waktu lalu. Acara ini mengundang beberapa stakeholders yang ada di makassar guna menyebarluaskan tentang ikon-ikon ini. Saya sungguh girang ketika mendapat undangan, suatu kehormatan bisa hadir dan dipercaya untuk membuat ulasan tentang acara maupun tentang pengenalan ikon kuliner kota Makassar ini. Terima kasih untuk kak Ery sudah di undang ke acara ini :)

Penetapan Ikon Kuliner Makassar
9. Ngopi bareng Blogger - Tiket.com

Disini saya mendapat ilmu bagaimana memonotize blog kita. Selain itu, dapat ilmu juga dari mba nuniek tentang rate card kita sebagai blogger untuk job review. Isi rate cardnya dapat berupa capture-capture atau list job review yang pernah dilakukan sebelumnya, topik-topik atau konten-konten yang biasa ditulis, aktifitas-aktifitas blogging misalnya pernah menjadi pembicara, achivement misalnya pernah menang lomba, dan hal-hal penting lainnya.

Nge-dresscode Biru-Biru bareng MAM
10. Kelas menulis MAM

Finally, join kelas Menulis MAM. Ini kelas menulis pertama yang saya ikuti. Tema yang dibicarakan adalah Link Building dengan pemateri kece yaitu kak Nani. Beliau menjelaskan tentang jenis-jenis link dan pemanfaatannya. Hal yang paling saya ingat adalah bahwa di blog kita maksimal link yang paling baik adalah 100 link. Mulailah saya menghapus beberapa link yang kurang penting dalam blog saya.

Kelas Menulis MAM - Link Building bersama Kak Nanie
11. Gathering Smartfren bareng blogger Makassar

Acara ini adalah acara dimana kami berkesempatan memperkenalkan diri satu persatu. Saya pun dapat menyebutkan alamat blog dan memperkenalkannya kepada teman-teman. Semoga mereka berkunjung ke blog dan bisa menjalin silaturahmi yang baik antar sesama bloger dan smartfren. Aamiinn..

Foto bersama Generasi 4G
Alhamdulillah kegiatan smartfren ini menutup akhir tahun 2016 dengan berbagai kebahagiaan. Apalagi dapat paket data plus mifi gratis yang sampai sekarang bermafaat untuk postingan yang saya buat. Makasih semuanya yang telah memberikan kesempatan untuk mengisi aktifitas blogging dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Semoga 2017 nanti dapat lebih aktif, lebih bermanfaat, dan produktif apalagi mengikuti kegiatan-kegiatan dimana saya datang sebagai blogger. Satu hal lagi, jangan lupa untuk tersenyum dan bermanfaat selalu :)

Alhamdulillahirabbil`alamin
Makassar-Barombong, 

5 Januari 2017


4 komentar:

  1. Wuih rame ya kegiatan blognya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kakak ratna yang senantiasa setia duduk di sampingku selama acara berlangsung kecuali pas di BCA :D

      Hapus
  2. Wah senang nih tiap liat blogger berjaya di daerahnya masing2. Inget Makasar inget Aga Kareba :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)